Kota Solok

Untuk Pertama Kalinya di Tahun 2023, Arisan Pangguang Pidato Adat Digelar

Solok, (Utamapost) – Untuk pertama kalinya di tahun 2023 ini, kota Solok mengelar arisan pangguang pidato adat, pada Jum’at (10/02/2023) bertempat di Banda Panduang kelurahan Tanah Garam kota Solok.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM, dan juga dihadiri oleh Anggota DPRD Yoserizal, Ketua LKKAM Rusli Khatib Sulaiman, Lurah Tanah Garam, Kabid Budaya Dispar dan para pemuka adat serta tokoh masyarakat kota Solok. 

Panggung Pidato Adat merupakan sebuah budaya dan tradisi yang intinya mengajarkan pada anak kemenakan bagaimana bertutur, bertitah, dan berbicara disebuah forum adat tetapi tetap menggunakan aturan atau ketentuan adat.

Arisan panggung pidato adat sudah menjadi agenda rutin yang senantiasa dilaksanakan di Kota Solok, Sumatera Barat secara terus menerus dengan tempat yang berbeda-beda.

Panggung pidato adat dilakukan secara bergilir dari satu panggung ke panggung lain. Panggung ini sarana belajar seni bertutur kata adat bagi generasi muda pelaku adat.

Dalam panggung pidato adat ini terdapat sebuah makna kebersamaan dan silaturahmi antara anak nagari dalam mengembangkan budaya dikalangan generasi muda Kota Solok.

β€œPanggung Pidato Adat 2023 ini harus terus dilestarikan dan diwariskan pada anak cucu kita. Tidak semua orang bisa berbicara dan berpidato adat, tapi kita tidak boleh berhenti mengajarkan pada anak kemenakan kita agar tradisi ini tidak hilang,” ujar Wawako. (Milfiana.CP)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top