Kota Solok

Dorong Generasi Muda Mengenal Budaya, Nan Balimo Gelar Salawaik Dulang

Solok, (Utamapost) – Guna mendorong generasi muda untuk lebih mengenal budaya Minang Kabau, kelurahan Nan Balimo mengelar Selawat Dulang atau Salawaik Dulang, pada Sabtu (11/03/2023), bertempat di Masjid Nurus Sakinah, Kelurahan Nan Balimo.

Dalam kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Wakil Wali Kota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM juga turut hadir Ketua LKAAM Kota Solok H. M. Rusli, Lurah Nan Balimo serta pemuka masyarakat Nan Balimo. 

Wawako Ramadhani sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kelurahan Nan Balimo ini, karena merupakan salah satu tradisi masyarakat yang harus tetap dilestarikan sebagai kekayaan budaya masyarakat di Minangkabau, kota Solok khususnya.

Dalam sastra masyarakat Minangkabau, pertunjukan salawaik dulang selalu menceritakan kisah kehidupan nabi Muhammad SAW, cerita yang memuji nabi, atau cerita yang berhubungan dengan persoalan agama Islam dengan diiringi irama bunyi ketukan jari pada dulang atau piring logam besar itu.

Diera gempuran teknologi saat ini, kegiatan ini sangat berguna untuk memperkenalkan budaya minangkabau kepada generasi muda Kota Solok yang sudah mulai melupakan tradisi dan budaya. 

ā€œSemoga dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong generasi muda Kota Solok untuk mengenal budaya minagkabau, selain itu dengan adanya kegiatan ini, hubungan silaturrahmi antara kota semua dapat terjalin dengan baik,” harap Wawako. (Milfiana.CP)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top