Daerah

Ketua KPU Bone Bolango Adnan Lantik 495 PPS Se-Kabupaten Bone Bolango, Penyelenggaraan Pemilu Harus Profesional dan Berintegritas

“ada 2 tanggung jawab dan ada dua wewenang yang diamanatkan kepada PPS yaitu membentuk KPPS atas nama Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango dan mengangkat Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih),”Ujar Adnan.

Ketua KPU Bone Bolango, Adnan Berahim saat melantik 495 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Bone Bolango pada Pemilu 2024, bertempat di Citimall Hotel Gorontalo, Selasa (24/1/2023).

GORONTALO, (Utamapost) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango telah mengingatkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menjadi penyelenggara Pemilu yang profesional dan berintegritas.

Hal disampaikan langsung oleh Ketua KPU Bone Bolango, Adnan Berahim saat melantik 495 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Bone Bolango pada Pemilu 2024, bertempat di Citimall Hotel Gorontalo, Selasa (24/1/2023).

Pelantikan PPS Se-Kabupaten Bone Bolango ini juga dihadiri oleh Anggota KPU Provinsi Gorontalo Ramli Ondang Djau, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Bone Bolango, Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli, Sekda Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma, Kapolres Bone Bolango AKBP Muhammad Alli dan Pasi Intel Kodim 1304/Gorontalo, Indriawan.

Adnan mengatakan selama 14 bulan kedepan tanggung jawab Pemilu ada ditangan 495 PPS Se-Kabupaten Bone Bolango, karena pelantikan bukanlah sebuah euforia namun harus dimaknai dengan rasa penuh tanggung jawab.

“ada 2 tanggung jawab dan ada dua wewenang yang diamanatkan kepada PPS yaitu membentuk KPPS atas nama Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango dan mengangkat Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih),”Ujar Adnan.

Ia juga mengingatkan bahwa KPPS adalah ujung tombak KPU di Desa. Oleh karena itu kita sebagai ujung tombak jangan sampai PPS salah menentukan KPPS dan Pantarlih.

Menurut Adnan, kita harus mengangkat Pantarlih sebab ini juga sangat menentukan sukses pemilu. Karena Pantarlih ini menentukan siapa saja yang berhak menggunakan hak pilih di TPS.

Maka itu, satu orang saja kehilangan hak pilih maka sanksinya bisa di pidana, jadi tidak sembarang memasukan dan mencoret orang dalam daftar Pemilih,”Pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan kepada seluruh anggota PPS yang telah dilantik untuk terus menjaga integritasnya.

“Oleh karena itu kita harus tetap menjaga integritas dan tidak boleh memihak, kita harus memperlakukan sama kepada semua peserta Pemilu,”Tegas Hamim

Selanjutnya saya minta kepada anggota PPS untuk menjadikan tugas PPS sebagai tugas prioritas dengan penuh tanggung jawab.

“Hamim juga menambahkan yang harus jadi prioritas dan tanggung jawab ini merupakan bukti kepedulian dalam mensukseskan Pemilu di daerah atau pun sukses di negara.”Tutup Hamim Pou(Utamapost/PAN).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top