Uncategorized

Kemenkumham Gorontalo Siap Gasss Pollll Hari ini DIPA 2023 Diserahkan

“Seperti diketahui bahwa anggaran yang dikucurkan pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM pusat ke Kanwil Kemenkumham Gorontalo pada tahun 2023 sebesar Rp. 71,643,488,000,-

Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran TA. 2023 atau dikenal dengan istilah DIPA, hari ini diserahkan berlangsung di Aula Pengayoman Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Selasa (20/12/2022).

GORONTALO, (Utamapost) – Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran TA. 2023 atau dikenal dengan istilah DIPA, hari ini diserahkan berlangsung di Aula Pengayoman Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Selasa (20/12/2022).

Penyerahan DIPA dilaksanakan dari Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo Heni Susila Wardoyo kepada seluruh pemangku kegiatan.

Sebanyak tujuh belas satuan kerja terdiri dari Kepala Divisi dan Kepala Unit Pelaksana Teknis dilingkungan Kanwil Kemenkumham Gorontalo langsung menerima DIPA TA. 2023 ini.

“Seperti diketahui bahwa anggaran yang dikucurkan pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM pusat ke Kanwil Kemenkumham Gorontalo pada tahun 2023 sebesar Rp. 71,643,488,000,-

Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo Heni Susila Wardoyo dalam arahannya menyampaikan bahwa Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) telah mengubah sudut pandang dalam pengelolaan anggaran yang menjadikan penyerapan anggaran saat ini bukan lagi menjadi kunci keberhasilan.

Penyerapan anggaran bukanlah satu-satunya tolok ukur keberhasilan dalam pelaksanaan anggaran kementerian, namun terdapat 12 metode penilaian pelaksanaan IKPA.

IKPA dikembangkan sebagai bagian dari upaya memperbaiki pengelolaan APBN dalam rangka meningkatkan value of money serta peningkatan kinerja pencapaian output dan outcome.

IKPA juga menjadi alat monitoring dan evaluasi yang merupakan bagian dari budget cycle karena nilai IKPA dapat menjadi indikasi permasalahan yang terjadi saat pelaksanaan anggaran sekaligus sebagai cara mencari solusi permasalahan tersebut.

Selain itu hal ini pun sejalan dengan implementasi tujuan corporate university yakni mendukung proses transformasi, serta menciptakan kondisi inovatif dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia Kemenkumham menjadi SDM yang unggul.

“Semoga anggaran tahun 2023 ini benar-benar dapat kita kelola dengan efektif dan efisien”, harap Heni dalam menutup sambutannya.(PAN/Utamapost).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top