Uncategorized

Bapas Gorontalo Gelar Sosialisasi UU Pas Terbaru Tentang Asimilasi Kepada Seluruh Warga Binaan Lapas Perempuan

“Tentunya ini sebuah prestasi yang diraih dengan kerja keras terutama terkait dengan pelayanan maupun pemenuhan hak-hak kepada Warga Binaan,” ungkapnya.

Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II Gorontalo melaksanakan kegiatan sosialisasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan kepada sejumlah Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Perempuan Gorontalo, Rabu, (11/01/2023).

GORONTALO, (Utamapost) – Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II Gorontalo melaksanakan kegiatan sosialisasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan kepada sejumlah Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Perempuan Gorontalo, Rabu, (11/01/2023).

Kegiatan Sosialisasi ini dalam rangka mengusung program Bapas Gorontalo Menyapa sekaligus Undang – undang Pemasyarakatan dengan regulasi turunan lainnya.

Sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Kepalai Balai Pemasyarakatan Rm.Dwi Arnanto yang juga didampingi oleh Kasubsi BKD Mohamad Ahmad dan PK APK Bapas Gorontalo serta tuan rumah Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Perempuan Gorontalo Meita Eriza,A.Md.IP.,SH.,MH.

Kemudian di awal tahun 2023 ini Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II Gorontalo melaksanakan Road show Ke-beberapa UPT di Wilayah Gorontalo guna meningkatkan Pemahaman petugas dan warga binaan Lapas terkait penerapan Undang-Undang No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan agar pelaksanaan pemenuhan hak bersyarat terhadap Narapidana agar dapat berjalan secara optimal dengan mengedepankan prinsip-prinsip Pemasyarakatan.

Kepala Balai Pemasyarakatan Rm.Dwi Arnanto menyampaikan dalam sosialisasinya, dengan Undang-Undang Pemasyarakatan yang baru ini, diharapkan proses pelaksanaan Pemasyarakatan dapat berjalan lebih optimal dalam mewujudkan tujuan Pemasyarakatan, baik terkait dengan penyelenggaraan program pembinaan maupun terkait dengan pemberian hak bersyarat terhadap Narapidana.

“Tentunya ini sebuah prestasi yang diraih dengan kerja keras terutama terkait dengan pelayanan maupun pemenuhan hak-hak kepada Warga Binaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, melalui forum Sosialisasi ini, khususnya terkait dengan Pelaksanaan Pemenuhan Hak Bersyarat Terhadap Narapidana Sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 tentang Pemasyarakatan, agar dapat dipahami oleh seluruh Warga Binaan untuk menghindari salah paham dan silang pendapat di kemudian hari.

Sementara itu, Kasubsi BKD Balai Pemasyarakatan Mohamad Ahmad, mengatakan bahwa materi teknis terkait perpanjangan Program Asimilasi di Rumah.

Kemudian disamping itu pula terlihat para Pembimbing Kemasyarakatan (PK) juga melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) program Asimilasi di Rumah dan Integrasi terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan di ruang kunjungan Lapas Perempuan Gorontalo.

“Litmas tersebut dilaksanakan dalam rangka pemenuhan persyaratan hak Warga Binaan untuk memperoleh hak integrasi dan tata cara pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana,” Tutup Mohamad (PAN/Utamapost).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top