Daerah

Bapas Gorontalo Gelar Family Development Session dan Sharing Session, Peringatan Hari Ibu Ke 94 Tahun 2022

“Saya atas nama pribadi maupun sebagai pembina organisasi sosial ini, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berkolaborasi diantaranya Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Bapas Gorontalo, dan LPKA Gorontalo dalam mensukseskan kegiatan memperingati Hari Ibu ke-94 Tahun 2022.

Bertempat di Kantor Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Ummu Syahidah Kota Gorontalo berlangsung kolaborasi program antara Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II Gorontalo - LKS Ummu Syahidah dan LPKA Gorontalo dengan menggelar kegiatan Family Development Session (FDS) dan Sharing Session, Kamis (22/12/2022).

GORONTALO, (Utamapost) – Bertempat di Kantor Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Ummu Syahidah Kota Gorontalo berlangsung kolaborasi program antara Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II Gorontalo – LKS Ummu Syahidah dan LPKA Gorontalo dengan menggelar kegiatan Family Development Session (FDS) dan Sharing Session, Kamis (22/12/2022).

Kegiatan Peringatan Hari Ibu Ke-94 Tahun 2022 di Provinsi Gorontalo memberi warna tersendiri dan penuh hikmad serta haru dengan cucuran air mata bagi kaum kartini (ibu-ibu) beserta anak-anaknya sekaligus bimbingan Peningkatan Kemampuan / Pengetahuan Keluarga atau yang sering disebut Family Development Session (FDS) ,

Kemudian kegiatan Sharring Session atau memperkuat hubungan harmonis antara ibu-ibu selaku orang tua dengan anak-anak bimbingan yang merupakan klien Bapas Gorontalo maupun anak didik pemasyarakatan yang dibina oleh LKS Ummu Syahidah Gorontalo serta LPKA Gorontalo digelar semata-mata untuk memberikan penghormatan kepada kaum ibu.

Sederet tokoh turut hadir dalam moment ini diantaranya ibu Hj. Idah Syahidah selaku Anggota Komisi VIII DPR RI sekaligus Pembina LKS Ummu Syahidah Gorontalo, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo Adnan Entengo, Kepala Divisi Pemasyarakatan Bagus Kurniawan, Kepala Bapas Gorontalo RM Dwi Arnanto.

Selain itu hadir pula Rektor UNUGO, Kepala LPKA Gorontalo, Penyuluh Hukum, Pembimbing Kemasyarakatan, dan Orang Tua Anak dan Andikpas/Klien Bapas.

Kegiatan ini diawali dengan penampilan Klien Anak LKS Ummu Syahidah Gorontalo yang menampilkan pagelaran seni tari untuk menyambut tamu dari Andikpas LPKA Gorontalo.

Selanjutnya, Pembina LKS Ummu Syahidah Gorontalo dalam sambutanya menyampaikan, bahwa LKS Ummu Syahidah lahir dan hadir di Gorontalo yang bergerak di bidang pelayanan sosial dan perlindungan terhadap masyarakat diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menangani permasalahan sosial di Gorontalo.

Dan saya juga berharap bisa lebih memberikan kenyamanan atau pun layanan bagi anak binaan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesejahteraan sosial.

“Saya atas nama pribadi maupun sebagai pembina organisasi sosial ini, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berkolaborasi diantaranya Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Bapas Gorontalo, dan LPKA Gorontalo dalam mensukseskan kegiatan memperingati Hari Ibu ke-94 Tahun 2022.

Dan semoga event ini dapat memberi makna yang mendalam bagi ibu-ibu selaku orang tua dari anak anak didik dan bimbingan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ida Syahidah menuturkan, kita telah saksikan bersama, tersaji acara yang begitu sakral dimana hampir seluruh undangan yang hadir larut dalam keharuan dengan linangan air mata ketika seluruh anak didik pemasyarakatan dan anak binaan melakukan prosesi membasuh telapak kaki ibu selaku orang tua yang dilanjutkan dengan sungkeman sebagai bentuk hormat, dan pengabdian terhadap perjuangan seorang ibu yang tak mengenal lelah membesarkan anak anaknya.

“Moment ini tentu memberikan pesan kepada kita semua, bahwa sosok Ibu tak akan pernah tergantikan dalam membesarkan anaknya, dan ada harapan besar dari ibu untuk buah hatinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Gorontalo Bagus Kurniawan menjelaskan, bahwa peringatan hari ibu ke-94 ini sungguh memberikan kesan tersendiri bagi kami, dimana sekitar 17 anak yang dibina di LKS Ummu Syahidah, dan 23 anak sebagai Klien Bapas serta 8 anak yang dibina di LPKA Gorontalo,

Agar mereka bisa berbaur dengan orang tuanya dengan suasana penuh haru menampilkan atraksi seni tari, hingga prosesi sungkeman yang diawali dengan membasuh/mencuci telapak kaki ibu. Sungguh moment ini memberi pesan dan makna mendalam bahwa dengan kekuatan doa orang tua kelak mimpi dan cita-cita anak akan terwujud.

“Olehnya mari kita bantu anak-anak kita yang sedang dibina ini untuk mencapai mimpi dan cita citanya,” tutur Bagus.

Ia juga menambahkan bahwa, masa depan anak masih panjang, olehnya negara hadir untuk membimbing dan membina serta mengarahkan mereka dengan kegiatan kegiatan yang lebih produktif dan membangun agar kelak tidak mengulangi kembali masa lalunya yang kurang baik.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan kegiatan Atraksi Simulasi Siaga Bencana oleh klien Anak LKS Ummu Syahidah dan diakhiri dengan sesi foto bersama.(Pan/Utamapost).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top