Kabupaten Solok

Normalisasi Sungai dan Jalan Dikebut, Alat Berat Dikerahkan

Kab. Solok, (Utamapost) – Untuk mempercepat penanganan bencana longsor dan banjir yang terjadi di berbagai nagari sejak Kamis (28/11/2025) kemaren, sejumlah alat berat dikerahkan Pemerintah Kabupaten Solok untuk membuka akses jalan, menormalkan aliran sungai, serta membersihkan lingkungan permukiman warga yang terdampak.

Didampingi Sekretaris PUPR, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Solok, Efia Vivi Fortuna  mengatakan bahwa, “penanganan dilakukan secara paralel di sejumlah titik prioritas menggunakan alat berat milik pemda. Sejumlah alat berat sudah beroperasi sejak awal tanggap darurat. Fokus kita membuka akses jalan dan normalisasi sungai agar aktivitas masyarakat kembali pulih.”

Dalam pelaksanaan tanggap darurat ini, PUPR mengerahkan total 7 unit excavator dan 2 unit backhoe loader, termasuk 5 excavator besar, 2 excavator mini, 1 backhoe loader tambahan, 2 dump truck, dan 1 tronton untuk mobilisasi alat.

Adapun titik-titik lokasi operasi alat berat, Nagari Koto Sani (Penanganan longsor menggunakan Backhoe Loader CAT 416 F), Nagari Paninggahan (Excavator No. 07 menangani material longsor, sementara Excavator No. 02 juga dikerahkan untuk pemulihan lingkungan).

Jorong Batu Palano, Nagari Selayo (Normalisasi sungai dilakukan menggunakan Excavator No. 04 dan No. 06, termasuk penataan sawah dan area permukiman). Nagari Selayo (Longsor yang menutup badan jalan ditangani dengan Excavator No. 10), Nagari Panunggahan (Excavator Mini No. 08 membersihkan sisa material longsor di lingkungan permukiman) .

“Koordinasi lintas sektor terus dilakukan agar penanganan lapangan berjalan cepat dan efektif. “Kita kejar percepatan pemulihan akses dan normalisasi sungai supaya masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasa, penanganan bencana di Kabupaten Solok diproyeksikan terus berlanjut hingga seluruh akses vital dan fasilitas umum kembali normal,” tegasnya. (Milfiana.CP)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top