Kota Solok

Kota Solok Kembali Buka Seleksi Hafizh dan Hafizhah

Solok, (Utamapost) – Untuk tahun ini Kota Solok kembali melakukan seleksi Hafizh dan Hafizhah, sebanyak 880 peserta telah melakukan pendaftaran, dan pada Senin (07/10/2024), masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok menjadi saksi pembukaan Seleksi Hafizh – Hafizhah Kota Solok Tahun 2024.

Dari 880 orang peserta yang mendaftar sebanyak 880 orang, dan yang lulus untuk diseleksi berjumlah 774 peserta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 340 peserta akan diwisuda untuk hafalan 1 juz, 2 juz, 3 juz, 4 juz, 5 juz, 10 juz, 15 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Kabag Kesra, Feri Hendria dalam laporannya menjelaskan bahwa, “peserta seleksi mendaftar secara online melalui link yang disebar ke berbagai sekolah, madrasah, pondok pesantren, MDTA, dan pondok-pondok Al-Quran di Kota Solok.”

“Seleksi hafizh dan hafizhah tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 7 hingga 10 Oktober 2024. Tim penilai utusan LPTQ Sumatera Barat, April Hidayat dan Irsyad, serta juri dari LPTQ Kota Solok, Kusrizal, Erizal, Nofrion, Mustarib, Edwin Shaleh, dan Asmaul Husna,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wali, Kota, Solok H. Zul Elfian Umar, SH, M. Si yang diwakili Asisten I Nova Elfino dalam sambutannya menyebut bahwa, “peserta seleksi adalah calon penghuni surga dan layak mendapatkan penghargaan atas usaha dan kerja keras mereka dalam menghafal Al-Qur’an. “Mari kita berusaha memahami Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari agar selamat di dunia dan akhirat.”

Sementara itu, Kakankemenag, Mustafa tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemko Solok melalui Kabag Kesra atas pelaksanaan kegiatan keagamaan yang sangat mulia ini. Kami sangat berterima kasih kepada Pemko Solok yang selalu bersinergi dengan Kemenag Kota Solok dalam melaksanakan kegiatan keagamaan untuk mensyiarkan bacaan-bacaan Al-Qur’an melalui seleksi hafizh – hafizhah ini. Semoga ini akan mencurahkan berkah bagi Kota Solok. 

Tak lupa juga Kami, memberikan apresiasi kepada para guru pembimbing di madrasah, sekolah, dan MDTA yang telah membimbing dan memotivasi anak-anak sehingga melahirkan generasi yang hafal Al-Qur’an.
Kegiatan dilanjutkan dengan arahan teknis penilaian seleksi oleh salah seorang juri, April Hidayat, sebelum peserta menuju lokasi seleksi yang telah ditentukan oleh panitia. 

Selain dihadiri oleh Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, SH, M. Si yang diwakili Asisten I Nova Elfino, Kepala Kemenag Kota Solok, Kabag Kesra, juga turut dihadiri oleh delapan juri dari LPTQ Provinsi dan LPTQ Kota Solok, dan calon hafizh – hafizhah yang akan mengikuti seleksi. (Milfiana.CP) 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top