TMMD

Satgas TMMD 122 Kodim Lahat Selesaikan Tempat Pancoran Air di MCK

EMPAT LAWANG, – Tempat air pancoran yang dibangun di sasaran fisik TMMD ke-122 Kodim Lahat, pada titik pertama sumur bor dan MCK kini telah selesai.

“Untuk pengerjaanya sudah rampung 100 persen, termasuk juga pemasangan 3 buah kran air dan pipa penyaluran airnya,” ucap Koordinator Sumur Bor dan MCK, Kapten Inf Effendi Simarmata, Selasa 15 Oktober 2024.

Dia menambahkan, tinggal pemasangan tower untuk tedmon serta jaringan instalasi listrik, maupun mesin pompanya untuk mengisinya.

“Sejauh ini personil tinggal menyelesaikan pekerjaan infrastruktur MCK, agar warga Desa Lampar Baru, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Empat Lawang dapat memanfaatkannya,” imbau Kapten Inf Effendi Simarmata.

Hal ini, sambungnya, guna memenuhi keperluan akan air bersih masyarakat, apabila selama ini mereka bergantung kepada sungai, kini tidak perlu lagi jauh-jauh ke sana.

“Sarana prasarana sudah kita sediakan dan didirikan, untuk mencukupi kebutuhan tersebut, termasuk juga aktifitas mandi, cuci dan kakus sesuai dengan ketentuan kesehatan,” papar dia.

Ia mengemukakan, dengan begitu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) berjalan berdasarkan jalurnya, dan penduduk desa terbebas dari bibit penyakit.

“Air bersih dan PHBS dijalankan secara optimal, maka akan membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang untuk terus memberikan kualitas dan kuantitas terbaik,” sebut Effendi Simarmata.

Terpisah, Pjs Kepala Desa (Kades), Amrullah menyebutkan, atas nama pemerintah desa (Pemdes) sangat bersyukur sekali adanya fasilitas yang dibangun oleh jajaran TNI.

“Terutama sekali permasalahan air bersih dan aktifitas MCK ini sungguh menjadi perhatian serius, dengan program TMMD tentu saja memberikan dampak positif bagi perkembangan desa kedepannya,” imbau dia.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top